Kewajiban orang mukallaf

Setiap orang mukallaf wajib melaksanakan semua yang diwajibkan Alloh atas dirinya. Wajib melaksanakan sesuai dengan apa (cara) yang diperintahkan Alloh, yaitu harus dengan rukun dan syarat-syaratnya. harus menjauhi hal-hal yang membatalkan.

Bagi mukallaf, wajib menyuruh orang untuk melakukan kewajiban dengan benar, jika mengetahui orang tersebut meninggalkan syarat dan rukun kewajiban atau orang itu melaksanakan dengan cara yang bukan semestinya.

Jika mampu harus dipaksa agar melakukan dengan aturan yang benar. Dan jika tidak mampu menyuruh atau memaksa, maka bagi orang mukallaf tersebut wajib ingkar (tidak suka akan hal itu) dalam hati. Perbuatan yang demikian ini tergolong iman yang paling lemah, yakni paling sedikit beban kewajiban yang dikerjakan insan itu, ketika tak mampu berbuat (kecuali ingkar di hati).

Setiap orang mukallaf wajib meninggalkan semua yang diharamkan. Wajib melarang orang lain yang melakukan kemungkaran dan harus dicegah dengan paksa jika mampu, bila tidak maka wajib ingkar dalam hati.
Bagi mukallaf juga wajib menyingkir dari tempat kemaksiatan.

Adapun yang dimaksud haram ialah sesuatu yang siapapun mengerjakannya diancam oleh Alloh dengan siksa. Kepada yang meninggalkan, dijanjikan Alloh akan diberi pahala.

Sumber : Habib Abdullah bin Husin bin Thahir. Terjemahan Sullamut Taufiq. Mutiara Ilmu :Surabaya

Posted on Maret 1, 2012, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: